Sejarah

SEJARAH KODIM 0622 KAB. SUKABUMI

 

 1. Latar Belakang

  • Sejak Tahun 1938 Palabuhanratu merupakan suatu tempat persembunyian dari kerajaan Belanda dimana didaerah Kp. Citepus Tengah, Desa Citepus, Kec. Palabuhanratu terdapat bunker-bunker tempat persembunyian Belanda dan terdapat sisa - sisa benteng kerajaan Belanda.
  • Setelah kemerdekaan RI di wilayah ini dibentuk suatu organisasi Apter TNI-AD yang melaksanakan tugas pokok di Bidang Binter, Opster dan operasi Hankam di wilayah Palabuhanratu.
  • Kemudian secara berangsur-angsur susunan, kekuatan dan nama dari Operasi Apter tersebut berubah dan berkembang mengikuti situasi dan kepentingan Wilayah setempat.

 

2.Pembentukan Kodim 0622/Kab. Sukabumi 

  • Kodim 0622/Kab. Sukabumi berdiri diawali dengan pemekaran Kodim 0607/Kota Sukabumi menjadi Kodim perwakilan Palabuhanratu yang dipimpin oleh Perwira Penghubung berpangkat Mayor bertempat di Jl. Cikeong, Desa Cimanggu, Kec. Palabuhanratu, Kab. Sukabumi.
  • Dalam rangka penataan gelar kekuatan di Jajaran Kodam III/Siliwangi, pimpinan memandang perlu untuk membentuk Kodim baru di Kabupaten Sukabumi sehubungan luas wilayah dan jumlah penduduk yang ada tidak sebanding dengan Komando kewilayahan dalam hal ini Kodim dan Koramil.
  • Berdasarkan Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor : Perkasad /17/V/2011 tanggal 13 Juni 2011 tentang pembentukan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi di jajaran Korem 061/Suryakancana Kodam III/Siliwangi dan Keputusan Pangdam III/Siliwangi Nomor Kep/1052/VII/2011 tanggal 20 Juli 2011 tentang pembentukan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi di jajaran Korem 061/Suryakancana. Dan pada tanggal 04 April 2012 berdasarkan pertimbangan – pertimbangan Komando Atas maka Kodim 0622/Kab. Sukabumi diresmikan oleh Pangdam III/Slw Mayor Jenderal TNI Sonny Widjaya.
  • Seiring dibentuknya Kodim 0622/Kab. Sukabumi yang berkedudukan di Jl. Cikeong, Desa Cimanggu, Kec. Palabuhanratu, Kab. Sukabumi maka organisasi dan tugas Kodim menginduk ke Korem 061/SK. Komandan Kodim dijabat oleh seorang perwira berpangkat Letnan Kolonel, Kepala Staf Kodim dijabat oleh seorang perwira berpangkat Mayor, Pasi I Intelijen (Intel), Pasi II Operasi (Ops), Pasi III Adminstrasi dan Logistik (Minlog), Pasi IV Teritorial (Ter) dan para Komandan Koramil masing-masing dijabat oleh seorang perwira berpangkat Kapten.